Kandidat Doktor FKG UI Teliti Pengaruh Infeksi Gigi pada Penyakit Jantung Koroner

image
By Humas FKG UI On Rabu, Agustus 12 th, 2020 · no Comments · In

Kandidat Doktor FKG UI Teliti Pengaruh Infeksi Gigi pada Penyakit Jantung Koroner

 

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan salah satu penyebab utama kematian hampir di seluruh dunia. Angka PJK semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang utama dalam mempertahankan usia hidup seseorang dan merupakan tanggung jawab tenaga yang bergerak dalam bidang kesehatan.

Rongga mulut adalah bagian dari tubuh yang merupakan pintu gerbang penyakit menuju ke dalam tubuh. Beberapa penelitian terakhir membuktikan hubungan sebab akibat antara infeksi rongga mulut, penyakit sistemik dan biomarker inflamasi dalam PJK aterosklerosis.

Hubungan infeksi endodontik dalam rongga mulut dengan PJK pembuluh darah merupakan kondisi yang dipicu oleh proses inflamasi dan berbagai patogen serta interaksi molekuler.

Penelitian yang dilakukan oleh drg. Meiny F.A, Sp.KG mengambil subyek di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK), merupakan rumah sakit khusus pusat rujukan nasional untuk penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah. Bekerja sama dengan Poli Giginya di RS tersebut, menghasilkan dua model indeks prediksi akan kejadian PJK. Prediksi yang pertama dengan variabel sitokin inflamatori Tumor Necrosis Factor alpha (TNF ), dan permodelan; prediksi kedua pada kondisi tanpa pemeriksaan laboratorium, tetapi dapat dipakai untuk memprediksi kejadian PJK, yaitu infeksi endodontik, umur, diabetes mellitus, hipertensi.

Penelitian yang dilakukan oleh drg. Meiny F.A ini juga menunjukkan, dokter gigi dapat ikut berperan dalam memprediksi kejadian PJK pada seseorang melalui pemeriksaan rongga mulutnya. Prediksi itu akan membantu menekan angka kematian akibat PJK. Dengan memeriksa gigi secara berkala dokter gigi dapat menemukan dan merawat infeksi di dalam rongga mulut.

Judul disertasi drg. Meiny adalah “Infeksi Endodontik sebagai Faktor Prediktor Penyakit Jantung Koroner Aterosklerosis”. Hasil penelitiannya dipaparkan dalam sidang terbuka promosi doktor FKG UI pada Selasa, 11 Agustus 2020 untuk memperoleh gelar Doktor di bidang Ilmu Kedokteran Gigi. Penelitian ini mengantarkan drg. Meiny memperoleh hasil sangat memuaskan.

Dr. Meiny Faudah Amin, drg., Sp.KG(K) merupakan Doktor ke-117 lulusan FKG Universitas Indonesia. Pemaparan hasil penelitian tersebut dipresentasikan di hadapan Prof. Dr. drg. M.F. Lindawati S. Kusdhany, Sp.Pros(K) (Dekan FKG UI); Prof. Dr. Benny Sjariefsjah Latief, drg., Sp.BM(K) sebagai Promotor; Prof. Dr. Ratna Meidyawati, drg., Sp.KG(K) selaku Ko-Promotor; Prof. Dr. Hj. Melanie Sadono Djamil, drg. M.Biomed. PBO, sebagai Ko-Promotor kedua; Prof. Dr. Endang Suprastiwi, drg., Sp.KG(K) sebagai ketua penguji; dengan para penguji, Dr. dr. Iwan Dakota, Sp.JP(K) FACC, FESC, FICA, FSCAI; Dr. dr. Anwar Santoso, Sp.JP(K)., FIHA; Dr. Adang Bachtiar, MPH., DSc; Dr. Anggraini Margono, drg., Sp.KG(K).

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X