Ethical Committee

About Ethical Comittee

Komisi Etik Penelitian Kedokteran Gigi (KEPKG) dibentuk tanggal 27 Agustus 2003 (SK047/Kep./Dekan/FKG/UI/2003) dengan nama Komisi Etik Akademik Kedokteran Gigi dalam usaha untuk meningkatkan mutu penelitian & memenuhi azas etika penelitian yaitu: otonomi, kejujuran, tidak merugikan, manfaat, dan keadilan.

Fungsi dan Tugas

1.Pada tahun 2005, melalui SK008/Kep/Dekan/FKG-UI/2005, diadakan penggantian nama menjadi Komisi Etik Penelitian Kedokteran Gigi (KEPKG) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

2.KEPKG berfungsi menilai protokol penelitian kedokteran gigi dalam aspek perlindungan terhadap manusia sebagai subjek penelitian.

3.KEPKG bertugas menilai, meminta klarifikasi, modifikasi kemudian memberikan persetujuan etik penelitian (ethical approval) atau tidak menyetujui suatu protokol penelitian kedokteran gigi.

Staff

A.2017-2019

Surat Tugas :

/UN2.F2/HKP.02.04.00.Pengangkatan dan Pemberhentian/2017

Ketua :

Drg. Anton Rahardjo, M.K.M., Ph.D

Sekretaris :

Drg. Bramma Kiswanjaya, Ph.D

Anggota :

Prof. Dr. M. F. Lindawati S. Kusdhany, drg, Sp.Pros(K) Prof. Dr. M. Suharsini S, drg, S.U., SpKGA(K) Prof. Iwan Tofani, drg, Sp.BM, Ph.D Dr. Harum Sasanti Y., drg, Sp.PM Dr. drg. Ellyza Herda, drg, M.Si Drg. Diah Ayu Maharani, SKG, Ph.D Ir. Ahmad Samsi Ardisasmita Irwin Idrus, SH

 

B.2013-2017

Surat Tugas :

0232/UN.F2.D/SDM.02.04.12/2015

Ketua :

Drg. Lisa R. Amir, PhD

Sekretaris :

Drg. Bramma Kiswanjaya, PhD

Anggota :

Prof. Dr. M. Lindawati S. Kusdhany, drg, Sp.Pros(K) Prof. Dr. M. Suharsini, drg, MS, SpKGA(K) Drg. Anton Rahardjo, MKM, PhD Dr. Harum Sasanti, drg, Sp.PM Dr. drg. Ellyza Herda, MSi Ir. Ahmad Samsi Irwin Idrus, SH

 

C.2008-2013

Surat Tugas :

1337/PT02.H4.FKG/C3/2009

Ketua :

Drg. Anton Rahardjo, MKM, PhD

Sekretaris :

Dr. Harum Sasanti, drg, Sp.PM

Anggota :

Prof. Dr. M. Lindawati S. Kusdhany, drg, Sp.Pros(K) Prof. Heriandi Sutadi, drg, Sp.KGA(K), PhD Prof. Dr. Laura Susanti Himawan, drg, Sp.Pros(K) Prof. Boy M. Bachtiar, drg, MS, PhD Drg. Lisa R. Amir, PhD

 

D.2005-2008

Surat Tugas :

0232/UN.F2.D/SDM.02.04.12/2015

Ketua :

Drg. Lisa R. Amir, PhD

Sekretaris :

Drg. Bramma Kiswanjaya, PhD

Anggota :

Prof. Dr. M. Lindawati S. Kusdhany, drg, Sp.Pros(K) Prof. Dr. M. Suharsini, drg, MS, SpKGA(K) Drg. Anton Rahardjo, MKM, PhD Dr. Harum Sasanti, drg, Sp.PM Dr. drg. Ellyza Herda, MSi Ir. Ahmad Samsi Irwin Idrus, SH

 

E.2003-2005

Surat Tugas :

0232/UN.F2.D/SDM.02.04.12/2015

Ketua :

Drg. Lisa R. Amir, PhD

Sekretaris :

Drg. Bramma Kiswanjaya, PhD

Anggota :

Prof. Dr. M. Lindawati S. Kusdhany, drg, Sp.Pros(K) Prof. Dr. M. Suharsini, drg, MS, SpKGA(K) Drg. Anton Rahardjo, MKM, PhD Dr. Harum Sasanti, drg, Sp.PM Dr. drg. Ellyza Herda, MSi Ir. Ahmad Samsi Irwin Idrus, SH

Guidance

a.SYARAT PENGAJUAN ETIK

A.1 Kelengkapan Umum Telaah Awal (Rangkap 3)

1.Proposal Penelitian

2.Surat pengantar dari institusi (Kepala departemen untuk pengusul dosen/umum, atau pembimbing untuk pengusul mahasiswa

3.Surat pernyataan penelitian belum dilaksanakan sebelum pengajuan kelaikan etik (ditanda tangani peneliti dan pembimbing/kepala departemen)

4.Kajian ilmiah oleh peer group/departemen terkait

5.Dokumen A: Borang Aplikasi telaah etik awal

6.Dokumen B: Lembar Persetujuan setelah penejelasan (inform consent)

7.Dokumen C: Biodata peneliti tentang penelitian yang telah dilaksanakan

8.Pembayaran ke rekening BNI: Non BP FKGUI No. Rek. 1273000502

 

A.2 Kelengkapan Tambahan Uji Klinik

1.Proposal Penelitian

2.Surat pengantar dari institusi (Kepala departemen untuk pengusul dosen/umum, atau pembimbing untuk pengusul mahasiswa

3.Surat pernyataan penelitian belum dilaksanakan sebelum pengajuan kelaikan etik (ditanda tangani peneliti dan pembimbing/kepala departemen)

4.Kajian ilmiah oleh peer group/departemen terkait

5.Dokumen A: Borang Aplikasi telaah etik awal

6.Dokumen B: Lembar Persetujuan setelah penejelasan (inform consent)

7.Dokumen C: Biodata peneliti tentang penelitian yang telah dilaksanakan

8.Pembayaran ke rekening BNI: Non BP FKGUI No. Rek. 1273000502

 

A.3 Kelengkapan Telaah Etik Ulang Protokol Yang Diperbaiki (Rangkap 3)

1.Proposal Penelitian

2.Surat pengantar dari institusi (Kepala departemen untuk pengusul dosen/umum, atau pembimbing untuk pengusul mahasiswa

3.Surat pernyataan penelitian belum dilaksanakan sebelum pengajuan kelaikan etik (ditanda tangani peneliti dan pembimbing/kepala departemen)

4.Kajian ilmiah oleh peer group/departemen terkait

5.Dokumen A: Borang Aplikasi telaah etik awal

6.Dokumen B: Lembar Persetujuan setelah penejelasan (inform consent)

7.Dokumen C: Biodata peneliti tentang penelitian yang telah dilaksanakan

8.Pembayaran ke rekening BNI: Non BP FKGUI No. Rek. 1273000502

 

A.4 Kelengkapan Telaah Etik Protocol Amandement (Rangkap 3)

1.Proposal Penelitian

2.Surat pengantar dari institusi (Kepala departemen untuk pengusul dosen/umum, atau pembimbing untuk pengusul mahasiswa

3.Surat pernyataan penelitian belum dilaksanakan sebelum pengajuan kelaikan etik (ditanda tangani peneliti dan pembimbing/kepala departemen)

4.Kajian ilmiah oleh peer group/departemen terkait

5.Dokumen A: Borang Aplikasi telaah etik awal

6.Dokumen B: Lembar Persetujuan setelah penejelasan (inform consent)

7.Dokumen C: Biodata peneliti tentang penelitian yang telah dilaksanakan

8.Pembayaran ke rekening BNI: Non BP FKGUI No. Rek. 1273000502

 

A.5 Kelengkapan Penghentian Dini Protokol (Rangkap 3)

1.Proposal Penelitian

2.Surat pengantar dari institusi (Kepala departemen untuk pengusul dosen/umum, atau pembimbing untuk pengusul mahasiswa

3.Surat pernyataan penelitian belum dilaksanakan sebelum pengajuan kelaikan etik (ditanda tangani peneliti dan pembimbing/kepala departemen)

4.Kajian ilmiah oleh peer group/departemen terkait

5.Dokumen A: Borang Aplikasi telaah etik awal

6.Dokumen B: Lembar Persetujuan setelah penejelasan (inform consent)

7.Dokumen C: Biodata peneliti tentang penelitian yang telah dilaksanakan

8.Pembayaran ke rekening BNI: Non BP FKGUI No. Rek. 1273000502

 

b.PENGUMUMAN

c.KATEGORI PENELITIAN

d.KATEGORI TELAAH

e.INFORMED CONSENT

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X