Dewan Guru Besar FKG UI Luncurkan Buku “Antisipasi Dampak Covid-19 di Bidang Kedokteran Gigi”

image
By Humas FKG UI On Selasa, Juni 09 th, 2020 · no Comments · In

Pandemi Covid-19 telah memaksa berbagai industri dan profesi untuk beradaptasi pada tatanan kehidupan baru, salah satunya dunia pelayanan kesehatan di bidang kedokteran gigi, termasuk Pergururuan Tinggi yang harus menjalankan tiga pilar Tridarma : Pendidikan, Penelitian, serta Pengabdian Masyarakat.

Melihat situasi yang berkembang di masa pandemi ini Dewan Guru Besar FKG UI menuangkan pemikiran dalam bentuk buku yang berjudul “Antisipasi Dampak Covid-19 di Bidang Kedokteran Gigi” secara virtual, Senin, (8/6/2020).

Dalam sambutannya peluncurannya Dekan FKG UI Prof. Dr. M. F. Lindawati S. Kusdhany, drg, Sp.Pros(K) mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas sumbangsih pemikiran seluruh Dewan Guru Besar FKG UI dengan berbagai kepakaran, yang hanya dalam tempo satu setengah bulan dapat menyelesaikan buku ini.

“Harapannya buku ini dapat menjadi panduan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dalam institusi pendidikan kedokteran gigi dan dokter gigi di luar institusi pendidikan selama masa pandemi dan pasca masa pandemi Covid-19”, jelas Prof Linda. 

Buku ini terdiri dari tiga bab yang secara komprehensif membahas mulai dari tindakan preventif, proses pembelajaran, hingga penatalaksanaan kasus-kasus kedaruratan di bidang kedokteran gigi.

Dalam Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., M.M. menyambut baik hadirnya buku ini, mengingat ditulis dari hasil pemikiran para Guru Besar FKG UI.  Ia menuturkan harapannya buku ini dapat menjadi landasan utama PB PDGI yang sedang menyusun buku terkait penatalaksanaan praktik dokter gigi di masa New Normal.

“Mudah-mudahan buku ini dapat menjadi landasan utama, bahkan juga dapat menjadikan referensi utama, karena pemikiran guru besar ini adalah pemikiran yang sangat luar biasa, pemikiran yang merupakan sumber keilmuan atau kepakaran dokter gigi” pungkasnya.

Acara peluncuran buku ini  dilanjutkan dengan seminar daring oleh perwakilan tim penulis buku, yang sekaligus menjadi acara pembuka  “Webinar Series for RSKGM FKG UI Donation” dengan para pembicara :

Prof. Dr. Ellyza Herda, drg, M.Si (Pendidikan Kedokteran Gigi di Masa Pandemi Covid-19)

Prof. B.M. Bachtiar, drg., M.S., Ph.D., PBO. (Pandemi Covid-19 : Implikasi dan Panduan Penelitian dalam Bidang Kedokteran Gigi di Indonesia)  

Prof. Dr. Sarworini B. Budiardjo, drg., SpKGA(K) (Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut  pada masa Pandemi Covid-19)

Prof. Anton Rahardjo, drg., M.K.M., Ph.D.  (Adaptasi Praktik Dokter Gigi dalam New Normal)

Pemesanan buku dapat dilakukan dengan mengirimkan surel ke : idesco.fkg.ui@gmail.com

 

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X