Seminar Gizi Untuk Bangsa

Oleh pada Friday, March 21 st, 2014 · no Comments · @
When:
September 3, 2013 @ 1:00 am – September 5, 2013 @ 9:00 am
2013-09-03T01:00:00+00:00
2013-09-05T09:00:00+00:00
Where:
Area FKM UI Kampus UI Depok

Gizi untuk Bangsa adalah sebuah acara tahunan yang menyampaikan seluruh hasil penelitian mahasiswa Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia kepada masyarakat luas. Tahun 2013 adalah tahun kedua penyelenggaraan acara Gizi untuk Bangsa dimana terdapat 98 hasil penelitian dari 98 orang peneliti.

Tema-tema penelitian yang disampaikan meliputi berbagai isu gizi dan kesehatan yang masih merupakan masalah di Indonesia, diantaranya yaitu masalah gizi kurang (stunting, wasting, Bayi Berat Lahir Rendah), gizi lebih (obesitas dan kegemukan), penyakit degeneratif (sindrom metabolik, penyakit jantung koroner, diabetes mellitus tipe 2, hipertensi, dll), kebugaran, perilaku makan, dan status kesehatan lainnya. Selain itu juga terdapat penelitian yang memformulasikan produk makanan khusus untuk penderita penyakit tertentu (hipertensi dan diabetes mellitus).

Penelitian-­penelitian tersebut dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Sumatera Barat, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Serang, Tangerang, DKI Jakarta, Bekasi, Cikarang, Depok, Bogor, Purwakarta, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Tegal, Purworejo, Magelang, Probolinggo, Malang, Surabaya, dan Sulawesi Selatan. Subjek penelitian-penelitian tersebut juga beragam, mulai dari bayi, balita, anak sekolah, remaja, dewasa, hingga lansia.

Penelitian merupakan ujung tombak dari perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, penyelenggaraa acara ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan terkait gizi dan kesehatan yang akan menjadi landasan pemberian intervensi dalam upaya penanggulangan masalah gizi di Indonesia demi terwujudnya Indonesia sehat.