Rangkaian Acara: Mechanical Fair 2013

Oleh pada Friday, March 21 st, 2014 · no Comments · @
When:
March 14, 2013 @ 2:00 am – March 16, 2013 @ 9:00 am
2013-03-14T02:00:00+00:00
2013-03-16T09:00:00+00:00
Where:
Area Perpustakaan Pusat UI

1. LOMBA :
a. Skill Design Competition
Ajang kompetisi pembuatan ide dan desain dengan menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor yang mengambil tema “Show Off Your Skill, Show Off Your Idea”. Desain yang dikompetisikan merupakan solusi berdasarkan studi kasus yang nantinya diberikan. Lomba ini diikuti oleh 20 Tim sejumlah 48 orang.

b. Creative Design Competition
Ajang kompetisi pembuatan beda inovatif dan tepat guna sesuai dengan tema yang ada yakni “Big Ideas of Travelware”, yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para pelancong maupun pecinta kegiatan outdoor. Hasil karya yang telah jadi lantas dibuat permodelannya (prototype) dan akan dipamerkan serta dipresentasikan pada Pameran Karya Mahasiswa dimana pengunjung dapat turut serta melakukan voting untuk menentukan pemenang kategori People’s Choice Award. Setelah melalui tahap seleksi awal, 10 tim terpilih untuk melaju ke babak selanjutnya.

c. Hovercraft
Ajang kompetisi untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam mendesain dan membuat hovercraft mini. Hovercraft yang telah dibuat akan dilombakan dalam dua kali balap yakni di darat dan di air. Sebanyak 28 Tim mengikuti lomba ini dan pesertanya mencapai 109 orang.

2. PAMERAN KARYA MAHASISWA
Kegiatan ini bertujuan sebagai ajang unjuk gigi karya nyata mahasiswa di bidang teknologi. Pameran ini diikuti oleh mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Fakultas Ilmu Komputer. Bersamaan dengan kegiatan ini, dilaksanakan juga pameran hasil karya Creative Design Competition dimana pengunjung berhak untuk melakukan voting langsung yang sebagai bagian dari People’s Choice Award.
Tempat : Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia
Waktu : 14 Maret 2013 pukul 09.00-16.00

3. TALKSHOW
Tema : “Masa Depan Teknopreneur Indonesia”

Pembicara :
a. Adi Lingson (Pemilik Juragan Kapal, Juara 1 lomba Teknopreneur BPPT)
b. Kuncoro Nyoto ( Pemilik PT. Super Gasindo Jaya produsen mobil Tawon)
Tempat : Area Pameran Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia

Waktu : 14 Maret 2013 pukul 15.00
Deskripsi : Talkshow ini merupakan sebuah ajang sharing oleh para Teknopreneur dengan segudang pengalamannya dalam kiat mengembangkan usahanya.

Bertindak sebagai pembicara yakni Adi Lingson, seorang lulusan S1
Teknik Perkapalan Universitas Indonesia yang kini mengembangkan
usahanya dibidang transportasi air, dan Bapak Kuncoro Nyoto yang
hingga saat ini terus mengembangkan mobil Tawon sebagai solusi
transportasi asli dalam negeri.

4. SEMINAR
Tema : “Teknopreneur : Wujud Kemandirian Teknologi Bangsa”
Pembicara :
a. Dr. Ir. Iwan Sudrajat (Kepala Balai Inkubator Teknologi BPPT Jakarta)
b. Ir. Teguh Nugraha Kusnan , M.Sc. (PT. Melu Bangun Wiweka, Produsen
Monorail Indonesia)

Tempat : Ruang Auditorium lt. 6 Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia
Waktu : 15 Maret 2013 pukul 15.00
Deskripsi : Teknopreneur merupakan salah satu tonggak kemandirian bangsa di bidang teknologi dan ekonomi. Hingga saat ini, jumlah teknopreneur masih sangat minim di Indonesia. Dalam seminar ini, bukan hanya dibahas mengenai kiat-kiat menjadi teknopreneur, tetapi juga menganalisa perkembangan jumlah teknopreneur di masa yang akan datang beserta berbagai macam tantangan yang ada di negeri ini. Melalui seminar ini pula, diharapkan semangat jiwa teknopreneurship kian berkembang pesat dan nantinya diwujudkan dalam sebuah karya nyata untuk bangsa.