Geography Science Training in Action (GEO-STATION)

Oleh pada Friday, March 21 st, 2014 · no Comments · @
When:
March 23, 2012 – March 25, 2012 all-day
2012-03-23T00:00:00+07:00
2012-03-26T00:00:00+07:00
Where:
Tasikmalaya

Oleh IMAHAGI Region II

Jasper atau istilah setempat “batu merah” adalah batu mulia jenis jasper (Inggris) atau jaspis (Indonesia), merupakan anggota mineral keluarga kuarsa (quartz family mineral). Para penggemar dan pedagang batu mulia dunia menyebut sebagai “biduri ati ayam”, karena warnanya yang mirip dengan warna hati ayam. Batu jasper diyakini sebagai batuan langka, sesuai hasil penelitian para ahli di dunia hanya ada di Tasikmalaya. Batuan tersebut terbuat dari letusan gunung berapi di dasar laut ribuan tahun silam. Konon dua digit lagi batu tersebut menjadi batu permata.

Hanya sayang kondisi saat ini batuan jenis langka tersebut hanya tinggal sisa. Mengingat pernah dieksploitasi terus menerus selama 8 tahun. Berdasarkan survei terakhir tim Kelompok Riset Cekungan Bandung (KRCB), potensi jasper di Pasirgintung tersebut memiliki kaitan dengan proses geologi terbentuknya lapisan batuan vulkanik hingga ke arah pantai. Proses geologi tersebut ditunjukan di beberapa tempat terlihat batuan tuf, kemudian pada lokasi lain batuan kemerah-merahan hasil proses vulkanik. Potensi jasper Pasirgintung sejak tahun 2000 telah dieksploitasi secara ilegal, oleh Pertambangan Tanpa Izin (PeTI).

Oleh karena itu Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI) Regional II mengkaji masalah ini dalam bentuk seminar, penelitian, penyuluhan serta bakti sosial dengan tema “Menggali Potensi Si Merah Hati Demi Berbakti pada Negeri” yang disesuaikan dengan master plan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yaitu pengembangan Taman Batu Jasper atau yang dikenal masyarakat batu merah sebagai “Geo-Park” dengan anggota berupa 7 universitas ternama di Jawa bagian barat yaitu Universitas Indonesia (UI) Depok, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jakarta, Universitas Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Jakarta, Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi dibawah naungan Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia yang berpusat di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI) Regional II mencoba menjadi salah satu penghubung stakeholder terkait pembangunan Taman Batu Jasper (Geo-Park) dengan masyarakat sekitar dengan tujuan pemenuhan mutu lingkungan terhadap kawasan tambang jasper agar tidak merusak ekosistem kawasan batu jasper akibat eksploitasi secara ilegal serta mengembangkan potensi ekonomi masyarakat sekitar lokasi Taman Batu Jasper agar bisa berkembang. Ahli Geologi LIPI, Dinas Pariwisata dan Masyarakat sekitar merupakan narasumber serta sasaran terbaik demi kelancaran jalannya acara ini.

1. Seminar Geo-Station

Judul : Jasper Dulu, Kini, dan Nanti?

Hari dan tanggal : Jumat, 23 maret 2012

Tempat : Gedung Mandala, Universitas Siliwangi

HTM : Rp 100.000,- (hanya seminar)

2. Pelatihan Penginderaan Jauh

Judul : Diklat Penginderaan Jauh “Menggali Potensi Si Merah Hati”

Hari dan Tanggal : Sabtu, 24 Maret 2012

Tempat : Gedung Mandala, Universitas Siliwangi

3. Observasi Lapangan dan Bakti Sosial

Judul : Observasi dan Bakti Sosial “Menggali Potensi Si Merah Hati”

Hari dan tanggal : Minggu, 25 Maret 2012

Tempat : Desa Cibuniasih, Kecamatan Panca Tengah, Kabupaten Tasikmalaya

Full HTM (Paket) : Rp 300.000,- (untuk keseluruhan rangkaian acara)

Contact Person :

Phone : Geo-Station (081282015691)

Email : imahagi_wilayah2@yahoo.com

Website : www.imahagi.com