Emergency Fair and Festival (E-Fast) 2013

Oleh pada Friday, March 21 st, 2014 · no Comments · @
When:
October 26, 2013 @ 1:00 am – 9:00 am
2013-10-26T01:00:00+00:00
2013-10-26T09:00:00+00:00
Where:
Aula FKUI
Jl. Salemba Raya no. 6
Jakarta Pusa

Sumber:
Undangan

Pembicara : 1. Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta
Ir. Basuki Tjahaja Purnama, MM (*)
2. Kombespol Unggul Sedyantoro (Kepala Bagian Keamanan
dan Keselamatan Korlantas Polri)
3. dr. R. Suhartono SpB-KBV dari Ambulans Gawat Darurat 118
*dalam konfirmasi

SIARAN PERS
Salemba, 24 Oktober 2013

Setiap orang berisiko untuk mengalami kecelakaan lalu lintas. Dalam dua tahun terakhir, kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh nomor tiga terbesar di seluruh dunia setelah penyakit jantung dan Tuberkulosis (WHO, 2013). Hal tersebut diperparah oleh kurangnya kesigapan masyarakat dalam menghadapi kecelakaan, yang semakin meningkatkan jumlah korban jiwa yang sejatinya bisa dihindari.

Sistem kegawatdaruratan medis sebagai pertolongan pertama pra rumah sakit merupakan hal yang vital dalam tanggap kecelakaan. Pertolongan adekuat yang diberikan segera pada korban kecelakaan sebelum memasuki rumah sakit terbukti signifikan mengurangi rasio kematian atau kecacatan korban. Meskipun demikian, sangat disayangkan bahwa masyarakat kini masih kesulitan untuk mengakses pengetahuan seputar penanganan kegawatdaruratan medis. Pendidikan kegawatdaruratan medis kepada masyarakat pun terkadang masih luput dari perhatian elemen-elemen pemerintah. Melihat situasi tersebut, Tim Bantuan Medis FKUI bekerja sama dengan Departemen Bedah FKUI-RSCM bermaksud menciptakan aksi nyata untuk mencerdaskan masyarakat agar sigap dalam menghadapi kecelakaan melalui kegiatan bertajuk Emergency Fair and Festival (E-Fast).

E-Fast terbagi menjadi lima sesi utama, yaitu seminar, talkshow, press conference, dan simulasi serta workshop. Pada sesi seminar, narasumber ahli akan memberikan pemaparan interaktif seputar keterampilan dasar pertolongan prarumah sakit yang tepat pada kegawatdaruratan kecelakaan lalu lintas. Seminar terdiri dari beberapa sesi yang mencakup beberapa tema pokok, seperti Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu dan Transportasi, Bantuan Hidup Dasar, Cedera Kepala, serta Fraktur dan Bidai.

Sesi seminar akan dilanjutkan dengan Talkshow yang mengundang Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, MM, Kombespol Unggul Sedyantoro (Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri), dan dr. R. Suhartono SpB-KBV dari Ambulans Gawat Darurat 118. Talkshow akan mengangkat tema Jakarta Safe Community, yang mengulas konsep komunitas yang aman, tanggap kecelakaan, hingga bantuan hidup dasar. Selepas Talkshow, akan dibuka sesi Press Conference yang mengundang rekan-rekan Pers untuk bertanya jawab interaktif dengan narasumber ahli seputar penanganan kegawatdaruratan lalu lintas.

Kegiatan kemudian akan dilanjutkan dengan simulasi berupa demo penanganan kasus kecelakaan. Sebagai penutup, akan diselenggarakan sesi workshop kasus dimana peserta dituntut untuk mengaplikasikan ilmunya dalam praktik yang sesungguhnya. Diharapkan setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, peserta akan menjadi masyarakat awam yang terlatih untuk menangani kasus kegawatdaruratan lalu lintas dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui Press Release ini kami bermaksud mengundang rekan-rekan untuk menghadiri rangkaian kegiatan E-Fast yang akan diselenggarakan pada: