Oral Biology


Biologi Oral merupakan perpaduan antara ilmu biomedik dan ilmu kedokteran gigi yang fokus pada fenomena biologis kesehatan sistem stomatognatik serta kaitannya dengan homeostasis tubuh. Dengan demikian, pengembangan ilmu-ilmu kedokteran gigi klinik semestinya berlandaskan perkembangan ilmu dasar kedokteran gigi, terutama Biologi Oral, sehingga dapat dicapai pemahaman holistik yang meliputi struktur, metabolisme, serta fungsi sistem stomatognatik. Biologi Oral merupakan basis tidak hanya untuk memahami penatalaksanaan berbagai kelainan jaringan gigi mulut dalam keadaan sehat dan patologis, tetapi juga untuk memahami mekanisme respon tubuh di level jaringan, sel dan molekuler.

Departemen Biologi Oral FKG UI merupakan integrasi dari berbagai ilmu kedokteran gigi dasar yang sekaligus merupakan ciri spesifik Fakultas Kedokteran Gigi. Pendirian departemen Biologi Oral FKG UI mengukuhkan esensi pendidikan Kedokteran Gigi tidak sekedar sebagai salah satu program studi dari fakultas Kedokteran tetapi mutlak sebagai suatu fakultas yang mandiri.

Sejak Universitas Indonesia membentuk Rumpun Ilmu Kesehatan pada tahun 2012, Departemen Biologi Oral FKG UI berperan serta aktif dalam perancangan kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran modul Ilmu Biomedik Dasar bersama 4 fakultas lain yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

STRUCTURE


TOP